Diskusi Via E_mail

Your Name
Your Email Address
Subject
Message
Image Verification
captcha
Please enter the text from the image: [ Refresh Image ] [ What's This? ]
Powered byEMF PHP Form

Sabtu, 01 Oktober 2011

Makna Kesaktian Pancasila

Jakarta - Pagi ini Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Seperti tahun-tahun sebelumnya, upacara berlangsung di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur.
Informasi yang dihimpun detikcom dari Biro Pers dan Media Istana Kepresidenan, acara akan berlangsung tepat pukul 08.00 WIB. Presiden SBY seperti biasa juga akan menjadi inspektur upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini.
Upacara ini juga dihadiri oleh para menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II, para pimpinan lembaga tinggi negara, serta perwakilan negara sahabat dan atase pertahanan. UPacara juga diikuti oleh anggota Polri dan TNI dari perwakilan angkatan.
Peringatan Hari Kesaktian Pancasila selama ini menimbulkan kontroversi. Banyak yang beranggapan tak perlu lagi upacara diadakan tiap tahun. Menurut sejarawan Asvi Warman Adam, tidak perlu diadakan upacara itu lantaran tidak ada dasar hukumnya.
Sebaliknya, menurut Asvi, Presiden harusnya mengadakan rekonsiliasi nasional atas peristiwa G30S/PKI di Istana Negara.
Tahun 2010 lalu, saat upacara serupa digelar, banyak perwakilan dari negara sahabat yang pingsan akibat kepanasan saat mengikuti upacara. Pada 2009, Hari Kesaktian Pancasila dipimpin oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla lantaran Presiden sedang dalam perjalanan dari AS. Sementara, pada 2008 acara berlangsung pada tengah malam lantaran bersamaan dengan bulan puasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar